Sabtu, 14 April 2012

Algoritma dan Flowchart

         Halo, para pembaca budiman! Baru-baru ini saya mendapat tugas untuk membuat algoritma dan flowchart. Tugasnya sebagai berikut.

TUGAS
BUAT ALGORITMA DAN FLOWCHART UNTUK PROSES UJIAN SELEKSI MASUK STAN
(ASUMSI : NILAI RATA2 UJIAN SELEKSI MINIMAL 7,5 KHUSUS UNTUK UJIAN BAHASA INDONESIA MINIMAL 7 DAN JUMLAH MAHASISWA YANG DITERIMA MAKSIMAL 1.000 )

           Tugas tersebut harus ditulis di web blog masing-masing mahasiswa. Sebelum membuat algoritmanya, saya akan menjelaskan sedikit tentang algoritma. Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis dalam penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam pembuatan algoritma adalah:

·         >>>>Algoritma harus benar
·         >>>>Hasil yang dicapai harus sedekat mungkin dengan nilai sebenarnya
·         >>>>Efisiensi

Penyelesaian dari tugas di atas memiliki cara yang bervariasi, tergantung dari sudut pandang logis si pembuat. Tapi jangan lupa dengan pertimbangan efisiensi, kalau ada yang lebih singkat dan jelas, kenapa harus yang lebih panjang? XD

Berikut ini algoritma untuk menyelesaikan tugas di atas:

1.    Sistem membaca nilai
2.    Sistem mengecek nilai rata-rata, apabila >= 7,5  lanjut ke langkah berikutnya, jika tidak dinyatakan tidak lulus
3.  Sistem mengecek nilai bahasa Indonesia, apabila >= 7 lanjut ke langkah berikutnya, jika tidak dinyatakan tidak lulus
4.    Sistem merangking nilai
5. Sistem mengecek Jika peserta yang dirangking  sudah mencapai 1.000 orang, maka proses pemeriksaan selesai. Jika belum, ulangi proses dari langkah (1) sampai jumlah peserta yang dirangking mencapai 1.000 orang.

Selanjutnya saya akan menjelaskan sedikit tentang flowchart. Flowchart merupakan rangkaian gambar/ simbol yang menggambarkan aliran proses/ prosedur suatu kegiatan. 

Bentuk simbol flowchart:



Untuk menyelesaikan tugas di atas, saya membuat flowchart sebagai berikut:



            Maaf kalau flowchart-nya kurang rapi. Aktivitas saya begitu padat sejak seminggu yang lalu sehingga pembuatan flowchart ini agak miring akibat efek samping dari kepala sedang miring-miringnya (-_-). Semoga mudah dipahami sehingga pembaca bisa membuat algoritma dan flowchart juga. Terima kasih!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar