Minggu, 08 April 2012

Perbedaan Bluetooth dengan Wi-Fi

       Horeeeee! Akhirnya tugas yang dinantikan pun tiba. Sudah dari 2 minggu yang lalu jari ini sudah gatal ingin segera posting sesuatu tapi tak menemukan pencerahan. Adapun tugas Sistem Informasi Manajemen Keuangan yang saya dapat salah satunya adalah mencari perbedaaan Bluetooth dengan Wi-Fi. Setelah searching di mbah Google, inilah yang saya dapat:



        Oke! Pasti ada jawaban lain (-_-"). Jika hanya ini jawaban yang saya cantumkan, niscaya 5 detik pertama sejak posting ini di publish saya akan langsung dinobatkan sebagai pria gombal 2012 yang haus akan kasih sayang dan dianggap gagal sebagai jomblo bahagia. Pencarian jawaban pun terus berlanjut dan akhirnya jawaban yang InsyaAllah benar pun terkuak namun saya harus menerjemahkannya ulang karena kelihatannya jawaban yang saya dapat masih menggunakan Google TranslatePerbedaan antara Bluetooth dengan Wi-Fi dapat dilihat dari berbagai aspek sebagai berikut.

Jangkauan
Jangkauan Wi-Fi  sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel sedangkan Bluetooth memiliki jarak sekitar 30 kaki.

Standar 
Bluetooth dan Wi-Fi bekerja pada standar yang berbeda. Baru-baru ini instalasi Wi-Fi didasarkan pada standar 802.11n sedangkan perangkat Bluetooth  mengikuti standar 2.0 Bluetooth.

Sambungan dan Instalasi
Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi karena kerja dari perangkat Bluetooth sangat sederhana. Kita bisa langsung memilih mengaktifkan perangkat Bluetooth kita dan menghubungkan koneksi  dengan Bluetooth lain yang kita inginkan untuk men-transfer data. Jika kita ingin mengaktifkan fasilitas Bluetooth di komputer pribadi, maka yang harus kita lakukan adalah dengan membeli adaptor Bluetooth. Dengan meng-install set up yang tersedia pada CD bawaan, kita dapat mengaktifkan Bluetooth. Namun, Wi-Fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk mengaktifkan jaringan Wi-Fi, kita perlu meng-install router dan modem.

Jenis Jaringan
Wi-Fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sebagian besar desktop komputer dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan Wi-Fi sedangkan Bluetooth tidak dapat membentuk suatu Local Area Network (LAN). Bluetooth digunakan untuk membentuk PAN (Personal Area Network).

Data Transfer
Perbedaan lain antara Wi-Fi dan Bluetooth adalah kecepatan transfer data untuk Bluetooth jauh lebih tinggi dari pada Wi-Fi. Dengan menggunakan Bluetooth, kita dapat men-transfer data dengan kecepatan 800 kbps sedangkan Wi-Fi memiliki kecepatan lebih rendah. Jika kita terhubung ke Internet dengan menggunakan Wi-Fi, kecepatan download kita akan lebih kecil dari apa yang akan kita dapatkan ketika kita terhubung menggunakan internet broadband.

Aplikasi Wi-Fi dan Bluetooth
Bluetooth digunakan untuk data dan file transfer dari satu perangkat ke perangkat yang lain sedangkan Wi-Fi  tidak hanya dapat  men-transfer data kecil, tetapi juga mengakses database dan software yang terletak di beberapa mesin lain dalam jaringan juga.                              


         Demikianlah jawaban yang saya temukan, semoga saja jawaban ini juga berguna bagi para Blogger dan para pembaca lainnya. Terima kasih!


Sumber: www.inconcept.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar